Data Acquisition Graphtec Untuk Industri Rumahan

Posted By daw on Minggu, 02 Agustus 2020 | 15.22

Data Acquisition

Data Acquisition Graphtec yang disingkat seperti DAS atau DAQ merupakanalat atau teknik yang digunakan untuk menghimpun informasi untuk mendalami petunjuk-petunjuk jasmaniah atau listrik seperti tegangan, arus, suhu, desakan atau suara gunakan komputer. Cara Data Acquisition terdiri dari:

• Sensor
• Data Acquisition/alat pengukur perangkat
• Komputer bareng bersama perangkat empuk di atasnya.

Diperbandingkan bareng bersama teknik penilaian yang lebih lama, teknik Data Acquisition berbasis pc mengeksploitasi kapasitas pemrosesan standar industri, produktivitas, visualisasi, dan kesanggupan konektivitas pc yang beri ekstra solusi evaluasi yang lebih kuat, lebih fleksibel, dan menguntungkan.

Apa peran sensor di dalam Data Acquisition?

Pengukuran petunjuk-petunjuk jasmaniah, seperti suhu sekitar, intensitas sumber sinar atau variasi yang diserahkan pada obyek, di awali bareng bersama sensor. Sensor ini pun disebut transduser, yang menciptakan pergantian tanda-tanda jasmaniah menjadi tuntunan listrik yang dapat dievaluasi.

Tergantung pada variasi sensor, output listrik mungkin di dalam wujud tegangan, arus, kendala atau atribut listrik lainnya yang tak tak tak tak tidak sedikit variasi berasal dari kala ke waktu. Sebagian sensor mungkin perlu unsur dan sirkuit ekstra untuk menjadikan tuntunan yang akurat dan aman untuk dibaca oleh perlengkapan Data Acquisition.

Macam sensor termasuk tak tak tak tak tidak sedikit variasi tergantung pada petunjuk-petunjuk yang kau mau :

• Termokopel, RTD, termistor untuk mengukur suhu atau petunjuk-petunjuk suhu.
• Sensor potret untuk mengukur petunjuk-petunjuk sinar.
• Mikrofon untuk petunjuk-petunjuk suara.
• Galur pengukur, transduser piezoelektrik untuk petunjuk-petunjuk kesanggupan dan tekanan.
• Potensiometer, LVDT, encoder optik untuk petunjuk-petunjuk posisi dan gerakan.
• Accelerometer untuk petunjuk-petunjuk percepatan.
• Elektroda PH untuk petunjuk-petunjuk kelembaban.

Data Acquisition Sistem

Perangkat Data Acquisition Graphtec bermanfaat sebagai antarmuka antara pc dan tuntunan eksternal. Berfungsi seperti perlengkapan yang mendigitalkan tuntunan analog yang masuk sampai-sampai pc dapat membacanya. Tiga unsur utama perlengkapan Data Acquisition yang digunakan untuk mengukur tuntunan merupakansirkuit pengkondisi sinyal, analog ke digital converter (ADC) dan bus komputer

Banyak perlengkapan Data Acquisition sertakan faedah lain untuk mengotomatisasi teknik dan teknik penilaian. Contohnya, konverter analog ke digital (ADC) pancarkan tuntunan analog, jalur I/O digital memasukkan dan pancarkan tuntunan digital, dan timer mengkalkulasi mundur dan menjadikan ketukan digital.

Komponen evaluasi utama berasal dari Data Acquisition Toolkit:

Pengondisian sinyal

Sensor atau tuntunan berasal dari luar dapat membawa dampak kebisingan atau paling membahayakan guna dievaluasi secara langsung. Rangkaian pengkondisian tuntunan memanipulasi petunjuk bareng bersama tahapan yang pas guna menjelang ADC. Sirkuit ini dapat merangkum amplifikasi, atenuasi, penyaringan, dan isolasi. Sebagian perlengkapan Data Acquisition dilengkapi bareng bersama pengkondisi tuntunan turunan yang dirancang untuk mengukur variasi sensor tertentu.

Pengonversi Analog ke Komputerisasi (ADC)

Sinyal analog berasal dari sensor semestinya dikonversi ke digital sebelum saat akan dimanipulasi oleh komputer. ADC merupakanchip yang sediakan representasi digital berasal dari tuntunan analog secara instan. Dalam pemakaiannya, tuntunan analog terus berpindah berasal dari kala ke kala dan ADC memungut alih tuntunan “sampel” secara tersusun pada tingkat yang telah ditetapkan. Sampel-sampel ini dikirim ke pc melalui bus pc di mana tuntunan autentik direkonstruksi berasal dari sampel di dalam perlengkapan lunak.

Bus komputer

Perangkat Data Acquisition terhubung ke pc melalui slot atau port. Bus pc bermanfaat sebagai antarmuka komunikasi antara perlengkapan Data Acquisition dan pc untuk meneruskan instruksi dan knowledge yang dievaluasi. Perangkat Data Acquisition di menawarkan pada bus pc yang paling awam, pun USB, PCI, PCI Express dan Ethernet. Baru-baru ini, perlengkapan Data Acquisition terdapat guna Wi-Fi 802.11 untuk komunikasi nirkabel / nirkabel. Ada tak tak tak tak tidak sedikit variasi bus, dan masing-masing setiap menawarkan faedah bertolak belakang untuk sekian tak tak tak tidak banyak variasi aplikasi.
Blog, Updated at: 15.22

Popular Posts